Gaji Karyawan Wanita Indonesia Lebih Tinggi Dibandingkan Laki-Laki

Rabu, 01 Juni 2016

Selain tingkat pendidikan, gender menjadi salah satu faktor yang dipandang sebagai penyebab adanya kesenjangan gaji. Selama ini, pria dipandang lebih berambisi dalam mengejar karier serta memiliki kemampuan yang lebih baik dalam bernegosiasi, termasuk dalam melakukan negosiasi gaji, ketimbang wanita.
Pada beberapa bidang pekerjaan, khususnya bidang umum ternyata gaji seorang pekerja wanita lebih tinggi ketimbang pria.
Yang mengejutkan, bidang yang umumnya lekat dengan kaum Adam, seperti engineering, gaji pria justru bertekuk lutut oleh gaji lawan jenisnya.
Itulah yang tergambar dalam riset yang digelar oleh situs Jobplanet.com.
Situs ini digelar beberapa bulan silam dan dicatat hingga akhir Maret 2016.
Sejumlah 60 ribu responden ambil bagian memberikan informasi gajinya. Mereka tinggal di 35 provinsi di Indonesia.
Kemudian, sebanyak 46 ribu merupakan responden level staf, sedangkan sisanya (14 ribu) berstatus kerja sebagai manajer. Persentasenya 49 persen pria dan 51 persen wanita.
Riset ini menunjukkan pada level staf ada tiga bidang yang menunjukkan hasil bahwa gaji wanita lebih tinggi, antara lain bidang hukum, engineering dan HRD atau SDM.
Sementara di level manajer malah ada empat bidang yang membuat pria manajer harus lebih keras mencari uang jika ingin dianggap lebih, yaitu HRD, engineering, keuangan dan pengembangan bisnis.
“Hal ini tentu cukup mengejutkan, karena berdasarkan data yang kami peroleh dan analisis, ternyata beberapa bidang pekerjaan, terutama bidang engineering yang dikenal sebagai bidang yang didominasi oleh pria, justru memberikan gaji rata-rata lebih tinggi kepada karyawan perempuan,” ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.
Hasil analisa yang dilakukan Jobplanet ini sekaligus menunjukkan bahwa kaum Hawa sudah dipercaya mengisi posisi tertentu di sebuah perusahaan.
Tetapi, “Meski demikian, perbedaan gaji rata-rata tersebut masih berada di bawah 5 persen, sehingga dapat dikatakan bahwa hampir tidak ada kesenjangan gaji antara karyawan pria dengan wanita,” tutup Kemas.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS