Cara Mengatur Pendapatan Bulanan

Rabu, 01 Juni 2016

Hasil gambar untuk www.cermati.com Tips Jitu Atur Pendapatan Bulanan
Bekerja merupakan kegiatan wajib yang bisa dibilang membosankan serta hanya memiliki 10 persen kesenangan, yakni saat tanggal pembagian gaji tiba.
Namun bukan berarti aktivitas ini bisa ditinggalkan karena Anda membutuhkan 10 persen kesenangan dari bekerja tersebut untuk menyambung hidup. Tanpa bekerja, Anda tidak bisa memenuhi apa yang menjadi kebutuhan, apalagi keinginan.
Terkadang kita terlena saat sudah menerima gaji. Kita berusaha memenuhi kebutuhan dan ketika tak mampu mengontrol diri, segala keinginan kita penuhi karena merasa memiliki uang.
Pada akhirnya, uang tersebut tidak bisa menjangkau semua kebutuhan hingga akhir bulan dan perasaan tidak puas terhadap pekerjaan muncul karena kita menganggap pekerjaan kita tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup.
Sesungguhnya, kebutuhan kita akan terpenuhi ketika kita merasa cukup dengan apa yang kita punya. Selain itu, pengaturan pengeluaran yang tepat akan membantu kita mendapatkan kebutuhan tanpa harus mengalami fase kehabisan uang dan harus berpuasa dalam beberapa hari di akhir bulan.
Karena itu, ini tips dan cara jitu yang bisa Anda terapkan untuk melakukan pengeluaran bulanan seperti dikutip dari www.cermati.com, Senin (25/4/2016).
1. Prioritas
Tidak ada yang bisa mengontrol keinginan Anda selain diri Anda sendiri. Anda bisa saja merasa selalu kurang dalam memenuhi kebutuhan dan tidak mampu memenuhi keinginan padahal pendapatan yang Anda punya mungkin tak seberapa dibanding dengan daftar keinginan yang tak berujung.
Buatlah daftar prioritas mengenai apa saja yang harus Anda penuhi, ketahui apa yang benar-benar kebutuhan Anda. Sisihkan ego untuk memenuhi keinginan, saat ini Anda harus mempersiapkan masa depan Anda dengan belajar mengatur keuangan pribadi.
2. Atur Pengeluaran Anda
Setelah Anda memiliki daftar prioritas mungkin Anda masih membanding-bandingkan antara produk satu dengan lainnya yang berbeda merek.
Pilihan apapun yang Anda jatuhkan, jangan sekadar melihat dari harga murah namun pertimbangkan juga manfaatnya. Bersikap hemat tidak sama dengan bersikap pelit. Kebutuhan ini adalah kebutuhan Anda, Anda yang memutuskan mana yang terbaik.
3. Selalu Catat Pengeluaran dan Buatlah Laporan Keuangan
Anda bukan robot yang memiliki daya ingat detail lengkap dengan tanggal beli, jam beli, hasil pertimbangan, mengapa membeli barang tersebut, harus membayar biaya parkir, dan lain-lain.
Selalu catat pengeluaran Anda sekecil apapun itu guna mengetahui alokasi biaya yang dirasa terlalu banyak atau terlalu sedikit sehingga pada periode berikutnya Anda bisa lebih membelanjakan secara adil sesuai prioritas.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS