Cara Mengasah Kemampuan Mengambil Keputusan

Rabu, 01 Juni 2016

Sesulit apapun tugas yang dikerjakan pasti seseorang bisa dalam menyelesaikannya.  Diperlukan keahlian khusus demi kelancaran semua pekerjaan untuk melaksanakannya. Untuk membuat keutusan juga bagian dari kualitas seorang pemimpin. Keputusan yang tepat dan cermat jadi tanda kita bisa memimpin tim menjemput sukses. Berikut cara-cara untuk mengasah kemampuan sebagai decision maker yang dikutip dari artikel Femina.
1. Pro-kontra
Lihat suatu masalah dari segala sudut, lalu buat keputusan berdasarkan fakta. Dengan pertimbangan baik-buruk kita bakal memberikan hasil terbaik bagi semua orang.
2. Singkirkan takut
Tidak ada keputusan yang salah. Yang ada, nih, keputusan tepat saat itu juga. Karenanya, jangan ragu membuat keputusan sebagai usaha terbaik yang sudah kita lakukan.
3. Pikir jernih
Keputusan yang dibuat berdasar emosi semata bahkan terburu-buru cenderung sulit mendukung tindakan kita. Buatlah keputusan ketika pikiran sedang jernih dan penuh pertimbangan. Baiknya, duduk dulu sampai merasa tenang. Lalu tunggu sampai jawaban yang tepat datang.
4. Jangan tunda
Menunda pengambilan keputusan tidak menjamin kita bakal memiliki cukup waktu untuk berpikir. Tidak perlu berlama-lama bila ide sudah terkumpul. Langsung putuskan agar kita bisa ke proyek atau tugas selanjutnya sehingga aktivitas tetap terjaga.
5. Minta saran
Opini orang yang lebih berpengalaman dari kita bisa mempermudah pengambilan keputusan. Jangan khawatir, saran orang bisa jadi bahan pertimbangan--nggak mesti ditelan mentah-mentah, kok. Saran seharusnya untuk membantu kemajuan kita, bukan mempersulitnya.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS