TEORI ORGANISASI UMUM

Minggu, 12 Januari 2014



Nama : Irma Nurwati
Kelas : 2ka12
Dosen : Umar Hanis
Materi :Organisasi
BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
2.      Tujuan
Tujuan yang dalam membahas artikel yang saya buat ini antara lain:
1.      Menjelaskan mengenai definisi secara umum maupun menurut para ahli mengenai organisasi.
2.      Memperlihatkan struktur organisasi yang ada diperguruan tinggi.
3.      Menyebutkan tipe-tipe dari organisasi.

BAB II
PEMBAHASAN

Definisi Organisasi
Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis). Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Berikut ini menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut:

·  Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
·     James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
·       Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
·         Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Pengertian Organisasi dalam arti Statis
Organisasi statis adalah gambaran secara skematis tentang hubungan kerjasama antara orang-orang yang terdapat dalam suatu usaha untuk mencapai sesuatu tujuan.
Pengertian Organisasi dalam arti dinamis
Organisasi dinamis adalah setiap kegiatan yang berhubungan dengan usaha merencanakan skema organis, mengadakan departemenisasi, menetapkan wewenang, tugas, dan tanggung jawab dari orang-orang di dalam suatu badan/organisasi. Atau di singkat sebagai kegiatan-kegiatan mengorganisir yaitu kegiatan menetapkan susunan organisasi suatu usaha.
Berikut ini merupakan struktur organisasi yang ada di perguruan tinggi:

Tipe organisasi

1.      Tipe organisasi garis atau line

Yaitu bentuk / struktur organisasi yang paling tua dan paling sederhana diciptakan oleh Henry Fayol.

Ciri-ciri tipe organisasi garis ini adalah

·         Organisasi masih kecil

·         Jumlah karyawan sedikit

·         Spesialisasi kerja masih kecil

Keuntungannya adalah :

·         Mudah dimengerti dan dilaksanakan

·         Ada bagian kekuasaan dan tanggung jawab yang jelas

·         Merupakan jenis organisasi yang stabil

·         Proses pengambilan keputusan berjalan dengan cepat

·         Solidaritas karyawan yang tinggi karenan saling mengenal

Kerugiannya adalah :

·         Seluruh orang terlalu bergantung pada satu orang

·         Bersifat otokratis dan dapat menjadi diktatoris

·         Kesempatan karyawan untuk berkembang sangat terbatas

·         Sulit dilaksanakan dalam suatu organisasi yang besar

2.      Tipe organisasi Fungsional

Tipe ini diciptakan oleh F.W.Taylor . Dalam tipe ini ada pimpinan yang mempunyai bawahan yang jelas sebab setiap atasan berwenang memberi komando kepada setiap bawahan sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut.

Keuntungan Tipe ini adalah :

·         Dapat diperolejh manfaat yang sebesar-besarnya dari para ahli

·         Ada koordinasi yang baik

·         Memudahkan dalam pengawasan

Kerugian tipe ini adalah :

·         Banyak mengeluarkan biaya tambahan

·         Kekembaran kekuasaan dapat menimbulkan perselisihan / konflik

·         Pandangan para pekerja yang merasa terlalu banyak atasan.

3.      Tipe organisasi Garis dan Staf

Tipe ini merupakan gabungan dari tipe garis dan fungsional, sehingga menyebar struktur orgasnisasi tersebut.

4.      Tipe Organisasi Fungsional dan Staf

Tipe ini adalah perpaduan antara tipe orrganisasi garis, fungsional dan staf.

BAB III
PENUTUP

Organisasi identik dengan invidu ataupun sekelompok individu yang terstruktur dan sistematis yang tergabung dalam suatu system. Banyak sekali definisi yang ada mengenai organisasi namun bisa saya simpulkan bahwa organisasi merupakan wadah untuk sekelompuk individu untuk berinteraksi dalam wewenang tertentu. Organisasi yang dibentuk terdiri dari berbagai kelompok yang memiliki kepentingan bersama untuk mencapai tujuan tertentu secara bersama.

Sumber :
http://debbyamaliaaziz.wordpress.com/tipe-organisasi-ada-4-macam/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS