Nama
: Irma Nurwati
Kelas
: 2ka12
Dosen
: Umar Hanis
Materi
:Organisasi
BAB
I
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
Organisasi pada dasarnya digunakan
sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara
rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali,
dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan),
sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan
efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
2.
Tujuan
Tujuan yang dalam membahas artikel
yang saya buat ini antara lain:
1. Menjelaskan
mengenai definisi secara umum maupun menurut para ahli mengenai organisasi.
2. Memperlihatkan
struktur organisasi yang ada diperguruan tinggi.
3. Menyebutkan
tipe-tipe dari organisasi.
BAB
II
PEMBAHASAN
Definisi Organisasi
Organisasi
(Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah
untuk tujuan bersama. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi
organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational
behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis). Organisasi pada
dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul,
bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin
dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode,
lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara
efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Berikut
ini menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut:
· Stoner mengatakan bahwa organisasi
adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah
pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
· James D. Mooney mengemukakan bahwa
organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan
bersama.
· Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi
adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua
orang atau lebih.
·
Stephen P. Robbins menyatakan bahwa
Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar,
dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas
dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau
sekelompok tujuan.
Pengertian
Organisasi dalam arti Statis
Organisasi statis adalah gambaran
secara skematis tentang hubungan kerjasama antara orang-orang yang terdapat
dalam suatu usaha untuk mencapai sesuatu tujuan.
Pengertian
Organisasi dalam arti dinamis
Organisasi dinamis adalah setiap
kegiatan yang berhubungan dengan usaha merencanakan skema organis, mengadakan
departemenisasi, menetapkan wewenang, tugas, dan tanggung jawab dari
orang-orang di dalam suatu badan/organisasi. Atau di singkat sebagai
kegiatan-kegiatan mengorganisir yaitu kegiatan menetapkan susunan organisasi
suatu usaha.
Berikut ini merupakan struktur
organisasi yang ada di perguruan tinggi:
Tipe organisasi
1.
Tipe organisasi garis atau line
Yaitu bentuk / struktur organisasi yang
paling tua dan paling sederhana diciptakan oleh Henry Fayol.
Ciri-ciri tipe organisasi garis ini
adalah
·
Organisasi masih kecil
·
Jumlah karyawan sedikit
·
Spesialisasi kerja masih kecil
Keuntungannya adalah :
·
Mudah dimengerti dan dilaksanakan
·
Ada bagian kekuasaan dan tanggung jawab yang
jelas
·
Merupakan jenis organisasi yang stabil
·
Proses pengambilan keputusan berjalan dengan
cepat
·
Solidaritas karyawan yang tinggi karenan saling
mengenal
Kerugiannya adalah :
·
Seluruh orang terlalu bergantung pada satu orang
·
Bersifat otokratis dan dapat menjadi diktatoris
·
Kesempatan karyawan untuk berkembang sangat
terbatas
·
Sulit dilaksanakan dalam suatu organisasi yang
besar
2.
Tipe organisasi Fungsional
Tipe ini diciptakan oleh F.W.Taylor .
Dalam tipe ini ada pimpinan yang mempunyai bawahan yang jelas sebab setiap
atasan berwenang memberi komando kepada setiap bawahan sepanjang ada
hubungannya dengan fungsi atasan tersebut.
Keuntungan Tipe ini adalah :
·
Dapat diperolejh manfaat yang sebesar-besarnya
dari para ahli
·
Ada koordinasi yang baik
·
Memudahkan dalam pengawasan
Kerugian tipe ini adalah :
·
Banyak mengeluarkan biaya tambahan
·
Kekembaran kekuasaan dapat menimbulkan
perselisihan / konflik
·
Pandangan para pekerja yang merasa terlalu
banyak atasan.
3.
Tipe organisasi Garis dan Staf
Tipe ini merupakan gabungan dari tipe
garis dan fungsional, sehingga menyebar struktur orgasnisasi tersebut.
4.
Tipe Organisasi Fungsional dan Staf
Tipe ini adalah perpaduan antara tipe
orrganisasi garis, fungsional dan staf.
BAB
III
PENUTUP
Organisasi
identik dengan invidu ataupun sekelompok individu yang terstruktur dan
sistematis yang tergabung dalam suatu system. Banyak sekali definisi yang ada
mengenai organisasi namun bisa saya simpulkan bahwa organisasi merupakan wadah
untuk sekelompuk individu untuk berinteraksi dalam wewenang tertentu.
Organisasi yang dibentuk terdiri dari berbagai kelompok yang memiliki
kepentingan bersama untuk mencapai tujuan tertentu secara bersama.
Sumber
:
http://debbyamaliaaziz.wordpress.com/tipe-organisasi-ada-4-macam/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar