ujian Labsi (Pengembangan Sistem Informasi)

Kamis, 12 November 2015

versi 1
1. Jelaskan ERP dan CRM
ERP
Enterprise Resource Planning (ERP) atau perencanaan sumber daya perusahaan. ERP dapat berperan dalam memantau proses produksi, ketersediaan bahan material, logistik, distribusi, akuntansi, keuangan dan sumber daya manusia yang nantinya akan dijadikan sebagai analisis pengambil keputusan manajemen.
ERP merupakan suatu sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi, maupun distribusi di perusahaan. Sesuai dengan namanya, Enterprise berarti memiliki makna secara menyeluruh sehingga semua terpusat pada satu sistem. ERP ini sudah meliputi semua fungsi dasar dari perusahaan. Bahkan bisa diterapkan pada organisasi non profit,pemerintah, dan berbagai jenis lembaga lainnya.

CRM
CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dari suatu perusahaan yang memungkin kan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para pelanggan.
CRM adalah usaha sebuah perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga pelanggan (supaya tidak lari ke pesaing) dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan baik itu lewat telepon, email, masukan di situs atau hasil pembicaraan dengan staf sales dan marketing,
CRM adalah sebuah istilah industri TI untuk metodologi,strategi, perangkat lunak (software) dan atau aplikasi berbasis web lainnya yang mampu membantu sebuah perusahaan (enterprise, kalau besar ukurannya) untuk mengelola hubungannya dengan para pelanggan,

2. karakteristik ERP dan CRM
ERP
Menurut Daniel E. O’Leary, 2006 sistem ERP memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:
1. Sistem ERP merupakan paket software yang didesain pada lingkungan pelanggan pengguna server, apakah itu secara tradisional ataupun berbasis jaringan.
2. Sistem ERP mengintegrasikan mayoritas bisnis proses yang ada.
3. Sistem ERP memproses seluruh transaksi organisasi perusahaan.
4. Sistem ERP menggunakan database perusahaan yang secara tipikal menyimpan setiap data sekali saja.
5. Sistem ERP mengijinkan pengguna mengakses data secara real time.
6. Dalam beberapa hal, sistem ERP memungkinkan perpaduan proses transaksi dan kegiatan perencanaan.
7. Sistem ERP menunjang sistem multi mata uang dan multi bahasa, yang sangat diperlukan oleh perusahaan internasional.
8. Sistem ERP memerlukan penyesuain untuk kebutuhan khusus perusahaan tanpa melakukan pemrograman kembali

CRM

3. Manfaat ERP dan CRM
ERP
Berikut ini adalah Keuntungan dengan diaplikasikannya ERP bagi perusahaan :
1. Integrasi Data Keuangan
Untuk mengintegrasikan data keuangan sehingga top management bisa melihat dan mengontrol kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik.
2. Standarisasi Proses Operasi
Menstandarkan proses operasi melalui implementasi best practice sehingga terjadi meningkatan produktivitas, penurunan inefisiensi dan peningkatan kualitas produk.
3. Standarisasi Data dan Informasi
Menstandarkan data dan informasi melalui keseragaman pelaporan, terutama untuk perusahaan besar yang biasanya terdiri dari banyak business unit dengan jumlah dan jenis bisnis yang berbeda-beda.
Keuntungan yg bisa diukur :
· Penurunan inventori.
· Penurunan tenaga kerja secara total.
· Peningkatan service level.
· Peningkatan kontrol keuangan.
· Penurunan waktu yang di butuhkan untuk mendapatkan informasi.

CRM
Manfaat yang didapat oleh perusahaan yang menerapkan konsep CRM adalah :
1. Menjaga pelanggan yang sudah ada
2. Menarik pelanggan baru
3. Cross Selling (menjual produk yang dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya)
4. Upgrading (menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi)
5. Perusahaan dapat merespon keinginan pelanggan lebih cepat
Fungsi-fungsi dalam CRM
• Mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi
pelanggan.
• Mengusung falsafah customer-oriented (customer
centric)
• Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang
pelanggan
• Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani
pelanggan
• Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
• Menangani keluhan/komplain pelanggan
• Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan
• Membuat informasi holistik tentang informasi layanan
dan penjualan dari pelanggan

4. bikin business partner, product , sales order

Versi 2
Tipe A

  1. Pengertian ERP
  2. manfaat CRM
  3. buatlah product compiere berdasarkan resource (sumber daya) dan expense product masing-masing 2 product?
  4. buatlah 10 product sales order, isi form dengan lengkap (tanpa price dan tax) jelaskan langkah langkahnya?
Tipe B

  1. pengertian CRM
  2. Keuntungan ERP
  3. buatlah product compiere berdasarkan item (barang) dan services (jasa) masing-masing product?
  4. buatlah minimal 5 customer pada sales order berserta order line nya! jelaskan langkah langkahnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS