TEORI ORGANISASI UMUM 2 (Peran Organisasi dalam Perusahaan)

Rabu, 12 Maret 2014



Kata dari “Organisasi” sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Selain umum dengan kata tersebut, namun kita haruslah mengerti mengenai arti dan pembahasan yang terkandung didalamnya. Kata Organisasi itu sendiri berasal dari kata ‘organon’ yang dalam bahasa Yunani berarti alat. Arti Kata Organisasi Secara Etimologis Tubuh atau alat tubuh, aturan, susunan, perkumpulan dari kelompok tertentu dengan dasar ideologi yang sama. Serta arti Kata Organisasi Secara Terminologis, Organisasi adalah kesatuan (Entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasikan, yang bekerja atas dasar yang relative terus-menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. Berikut ini merupakan pengertian organisasi menurut para ahli, antara lain:
1.      Organisasi menurut Stoner
Suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
2.      Organisasi menurut James D. Mooney
Bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3.      Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Dari arti kata dan pengertian menurut para ahli yang sudah tertera diatas bisa saya simpulkan bahwa arti kata organisasi itu sendiri sangat luas namun mengandung maksud dan tujuan yang seirama. Berikut ini beberapa pengertian organisasi secara umum, yaitu:
1. Organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
2.      Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih.
3.      Organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
Organisasi amatlah penting dalam pengembangan kepribadian seseorang untuk lebih percaya diri, siap dalam menyongsong masa depan yang lebih baik dan memudahkan kita sebagai generasi muda dalam mencapai sebuah tujuan yang kita inginkan dalam kehidupan. Terutama dalam pembentukan  kepribadian disebuah perusahaan. Organisasi dan perusahaan juga memiliki keterkaitan dan organisasi itu tersebut berperan penting dalam perusahaan. Selain itu adapun ciri-ciri yang dimiliki oleh sebuah organisasi, yaitu:
1.      Terdiri daripada dua orang atau lebih.
2.      Adanya kerjasama.
3.      Adanya komunikasi antar satu anggota dengan yang lain.
4.      Adanya tujuan yang ingin dicapai.
Selain itu Suatu organisasi harus memuat 4 unsur utama, yaitu:
1.      Goals Oriented (Berorientasi Tujuan).
2.      Psychosocial System (Sistem Hubungan Sosial).
3.      Structured Activities.
4.      Technological System.
Berdasarkan pembahasan diatas, peran organisasi dalam sebuah perusahaan sangatlah penting, karena perusahaan didirikan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan aktifitas, kerja sama, dan tentu saja orang yang melakukan aktifitas tersebut atau sumber daya manusia yang ketiga unsur ini terdapat dalam sebuah organisasi.
Suatu organisasi memiliki unsur-unsur sebagai berikut :
1.   Manusia (Man) : dalam keorganisasian, manusia sering disebut sebagai pegawai atau personel yang terdiri dari semua anggota organisasi tersebut yang menurut fungsidan tingkatannyaterdiri dari pimpinan(administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, manajer yang memimpin tiap-tiap satuan unit kerja yang sudah dibagikan sesuai dengan tugas dan fungsinya, dan para pekerja.     
2.  Kerjasama (Team Work) : suatu kegiatan bantu-membantu antar sesama anggota organisasi yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. oleh karena itu, anggota organisasi dibagi menjadi beberapa bagian sesuai fungsi, tugas dan tingkatannya masing-masing.
3.      Tujuan bersama (Goals Oriented) : adalah arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan merupakan titik akhir dari apa yang diharapkan atau dicapai dalam organisasi. Setiap anggota sebuah organisasi harus mempunya tujuan yang sama agar organisasi tersebut dapat berjalan sesuai dengan keinginan bersama.
4.   Peralatan (Equipment) : segala sesuatu yang digunakan dalam organisasi seperti uang, kendaraan, gedung, tanah dan barang modal lainnya.
5.      Lingkungan ( Environtment) : yang termasuk kedalam unsur lingkungan adalah :                             
a.       Kondisi atau situasi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi berjalannya organisasi karena kondisi atau situasi sangat dekat hubungannya dengan organisasi dan anggotanya.                                     
b.      Tempat atau lokasi, karena mempengaruhi sarana transportasi dan komunikasi.
c.       Wilayah operasi yang dijadikan sarana kegiatan organisasi, wilayah operasi dibagi menjadi empat, yaitu : wilayah kegiatan, wilayah jangkauan, wilayah personil, wilayah kewenangan atau kekuasaan.
6.      Kekayaan alam : yang dimaksud adalah cuaca, keadaan geografis, flora, fauna dll.
7.      Kerangka/kontruksi mental organisasi itu sendiri.
Peranan organisasi dalam perusahaan tidak beda dengan peranannya dalam kehidupan sehari-hari. Mampu memahami konsep organisasi sesuai dengan kegiatan tuntutan operasi tertentu serta mampu menyusun rancangan struktur organisasi perusahaan yang meliputi organigram, tugas pokok & fungsi kegiatan operasi unit organisasi untuk mencapai tujuan merupakan peranan organisasi dalam perusahaan. Sedangkan, tanpa metode, suatu tata kerja yang telah diorganisir secara baik, tidak akan mencapai tujuan secara efisien. Dan pastinya perusahaan yang baik pasti didukung oleh metode organisasi yang baik.

Sumber:
http://dhiedotorg.wordpress.com/2011/09/25/pengertian-definisi-arti-organisasi-dan-unsur-unsurnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS